Senin, 04 Juni 2007

Ponsel Musnahkan Lebah?

. Senin, 04 Juni 2007


Beberapa tahun lagi mungkin kita tidak dapat menikmati manisnya madu. Gara - gara radiasi ponsel, jumlah koloni lebah jadi berkurang. Begitu kata periset seperti dikutip dari slashphone.com. Bahkan mereka pun menduga radiasi tersebut juga menyebabkan gagal panen.

Riset tersebut menjadi teori baru dampak radiasi ponsel dan piranti gadget lainnya dalam menjawab satu dari sekian banyaknya misteri aneh yang bisa terjadi di alam seperti berkurangnya lebah dalam jumlah yang besar secara tiba - tiba.

Pemerhati lebah mengklaim fenomena tersebut berawal dari AS, kemudian ke dataran Eropa dan kini sudah terjadi di Inggris.

Secara teori, radiasi ponsel mengakibatkan terganggunya sistem navigasi lebah, sehingga sang lebah kesulitan untuk menemukan sarangnya kembali. Memang terdengar mustahil, saat ini pun belum ada bukti yang menguatkan.

Colony Collapse Disorder (CCD = istilah pada fenomena yang menggambarkan musnahnya sebagian besar koloni lebah), terjadi ketika sekelompok lebah dalam sebuah sarang, tiba - tiba menghilang, yang tersisa hanya lebah ratu, telur dan beberapa lebah pekerja yang belum dewasa.

Lebah - lebah dewasa tersebut banyak ditemukan mati jauh dari sarangnya. Anehnya, parasit hewan liar dan lebah lain yang menyerbu madu dan sari bunga yang ditinggalkan, menolak untuk mendekati sarang lebah yang sudah ditinggalkan tersebut.

( Majalah Pulsa )

0 komentar:

 
Weanenugi is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com #