Senin, 27 Agustus 2007

Indonesia Raya Versi Tiga Stanza

. Senin, 27 Agustus 2007

"Indonesia tanah yg mulia, tanah kita yang kaya
Disanalah aku berdiri, untuk selama - lamanya"


Pernahkah teman-teman mendengar bait lagu ini? Mestinya tidak banyak yang pernah mendengar lagu ini. Karena lagu ini adalah lagu Indonesia Raya versi aslinya yang dibuat pada tahun 1944 dan dibuat oleh Badan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPKI). Lagu ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1928.

Lagu ini terdiri dari tiga stanza. Stanza pertama bernafaskan persatuan, stanza kedua bernafaskan rasa syukur keada Tuhan dan ketiga janji menjaga Indonesia tetap abadi.

Lagu ini ditemukan setelah selama ini tersimpan di perpustakaan Leiden, Belanda. Lagu ini didapat ketika mencari dokumen foto.

Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa membenarkan temuan Roy Suryo yang menyatakan lagu Indonesia Raya memiliki tiga Stanza. Hatta mengungkapkan bahwa versi ini sejak tahun 1983 tersimpan dalam bentuk film dokumenter diarsip nasional atas kerja sama Indonesia dan Belanda.

Namun, lagu ini tidak memiliki landasan hukum sebagai lagu kebangsaan Republik Indonesia. PP nomor 44 tahun 1958 tentang lagu kebangsaan menjadikan lagu Indonesia Raya versi satu stanza yang biasa kita nyanyikan disetiap upacara bendera.

Bila temen-temen ingin melihat video klip lagu tersebut langsung aja lihat dibawah ini



0 komentar:

 
Weanenugi is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com #