Kamis, 09 Agustus 2007

Manfaat Teh Bagi Kesehatan

. Kamis, 09 Agustus 2007


Teh ternyata tidak hanya sekedar mampu melepaskan rasa dahaga saja. Dari teh yang diminum sehari-hari ternyata mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa mencegah kanker perut , bisa pula mencegah timbulnya gigi berlubang.

Untuk mencegah kanker perut, teh yang baik untuk diminum berjenis teh hijau, yang mengandung zat antioksidan. Hal itu berdasarkan riset terkini mengenai manfaat teh hijau yang telah dibuktikan mampu mencegah terjadinya kanker perut.

Dari hasil riset itu, satu gelas minuman teh hijau yang dikonsumsi setiap harinya, ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan peradangan pada lambung. Peradangan itulah yang menjadi salah satu penyebab kanker perut.

Berdasarkan laporan di International Journal of Cancer edisi bulan lalu, 600 pria dan wanita di Cina peminum teh hijau hanya berisiko setengah kali mengidap penyakit gastritis kronis ataupun kanker perut terutama lambung. Penyakit itu sendiri di Cina termasuk jenis kanker yang paling banyak menyerang pria maupun wanita.

Menurut pimpinan penelitian tersebut, dr. Zou-Feng Zhang dari Universitas California, temuan riset pertama ini mampu membuktikan konsumsi teh hijau mampu mencegah terjadinya gastritis kronis. Untuk penelitian itu disarankan pemanfaat teh hijau sebagai pengobatan dan terapi preventif, bagi masyarakat berisiko tinggi.

Karena teh hijau mampu menurunkan insiden kanker perut dalam kurun waktu lama, maka semakin sering mengkonsumsi teh hijau, makin rendah resiko mereka mengidap penyakit kanker perut.

Para ilmuwan yakin , sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko kanker perut. Yaitu, konsumsi daging asap dengan kadar garam berlebihan, kurang asupan serat, merokok, serta sejarah penyakit dalam keluarga. Selain itu, infeksi oleh Helicobacter pylori, yang bisa menimbulkan gastritis kronis dan tukak, juga dikaitkan dengan kanker perut. Walaupun mayoritas orang yang terkena bakteri itu tidak mengidap kanker.

Tidak hanya teh hijau saja yang berkhasiat. Teh yang diminum tanpa gula alias pahitan pun punya khasiat yang jitu untuk kesehatan gigi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tea Trade Health Research Association mampu mencegah gigi berlubang maupun memperkuat lapisan plug dan mengontrol bakteri dalam mulut.

Teh celup meskipun punya khasiat bagi kesehatan tubuh, tetapi perlu diperhatikan pemakaiannya. Jangan mencelupkan teh jenis celup terlalu lama. Baik itu berwarna merah, coklat, maupun hijau.

Jangan disamakan teh-teh jenis celup dengan teh-teh bubuk karena sering terpikirkan dalam benak kita, semakin lama kantong teh dicelupkan dalam air panas, makin banyak khasiat teh tertinggal dalam minuman. Padahal yang terjadi justru berbeda. Kandungan zat klorin (chlorine), zat kimia yang lazim digunakan dalam industri kertas, yang ada di kantong kertas teh celup malahan ikut larut. Apalagi jika mencelup kantong lebih dari 3 menit, misalkan 5 menit.

Zat klorin berfungsi sebagai desinfektan kertas, sehingga kertas bebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Selain itu, kertas dengan klorin memang tampak lebih bersih. Tetapi dengan desinfektan klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya. Tak jauh berbeda dengan racun serangga.

Banyak penelitian mencurigai kaitannya antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker. Oleh sebab itulah para peminum yang menggemari minum teh dengan cara praktis berupa teh celup, sebaiknya tidak mencelupkan teh lebih dari 3 menit. Atau jika ingin lebih aman lagi, kembali menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan teh bubuk.

1 komentar:

TEH PUTIH MENINGKATKAN STAMINA mengatakan...

artikel yang bagus. memang teh sangat baik buat kesehatan. mungkin ada yang pingin kenal teh putih, anda bisa buka di link ini, http://heavenleaf.biz/?100308

 
Weanenugi is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com #