Minggu, 12 Agustus 2007

Jangan Minum Air Mentah

. Minggu, 12 Agustus 2007

Giardia lamblia adalah salah stu jenis dari protozoa dan ditemukan di danau-danau di seluruh penjuru dunia. Bahkan, jenis protozoa ini ditemukn juga di air pegunungan yang bening di wilayah Amerika Serikat.

Lebih dari 40 jenis hewan yang hidup di daerah pelabuhan ditemukan adanya jenis protozoa tersebut di dalam usus halusnya. Kehadiran Giardia dalam usus halus dapat menyebabkan diare, rasa nyeri pada perut, muntah atau rasa mual. Untuk itu, jangan meminum air dingin pegunungan secara langsung. Rusa, berang-berang, atau hewan lainnya dapat mengontaminasi air dengan Giargia. Proseslah air tersebut sebelum diminum. Cara paling efektif untuk menghilangkan jenis protozoa tersebut adalah dengan menggunakan saringan khusus yang dapat menyaring partikel berukuran 1 mikromoter. Selin itu, sebaiknya air tersebut dimasak sampai mendidih, paling tidak selama 5 menit sebelum diminum.

Jenis protozoa lainnya, Entamoeba hystolyica, bertanggung jawab bagi penyakit diare yang lebih dikenal sebagai disentri. Masyarakat dapat terinfeksi oleh jenis protozoa tersebut ketika merek berkunjung ke desa dan meminum air telah terkontaminasi. Jika kalian berencana hendak melakukan perjalanan, maka sebaiknya pastikan dulu beberap minggu sebelum berangkat (kalau punya uang lebih untuk bayar dokternya...he...he...). Infeksi akibat protozoa dapat dicegah dengan antibiotik antiprotozoa.

3 komentar:

inda_ardani mengatakan...

hiks ... jadi inget parasitologi-ku yang cuma dapet C.

um, indo emang beda ya ... ngga kayak negara2 lain (negara mana? :p) yang air krannya bisa langsung dimunum, malah dapetinnya bisa di tempat2 umum pula.
jadi inget aku ketawa abis2an waktu temanku yang asal dari Timika bilang kalo dia sering sekalian wudu pas istirahat di sekolah itu, mau salat dzuhur, sekalian minum air kran!

dia pikir di jogja ini sama kayak di Timika yang air krannya bisa diminum. lah di sono kan udah amrik abis ya, wajar aja kalo ada fasilitas gitu

bagus ni postingannya, jadi pengen posting bahan kuliah juga :p

Nugi mengatakan...

Waduh...temennya mas inda_ardani nih bisa2 sakit perut....

inda_ardani mengatakan...

hehehe ...aku ce bukannya co, lho!

 
Weanenugi is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com #